Rabu, 20 Mei 2015

Rendang Gurih Sedap Nikmat



 
 rendang gurih

Memasak Rendang yang Gurih Sedap Nikmat

Untuk menyambut acara-acara besar, pernahkah Anda bingung ingin masak apa? Tidak usah bingung. Untuk memasak hidangan pada acara besar, Anda bisa meniru apa saja yang orang Padang sajikan untuk hajatan, dan tentu salah satu sajian itu adalah rendang.

Rendang adalah salah satu makanan yang sangat terkenal dari daerah Sumatera Barat. Kini, rendang tidak hanya menjadi favorit orang Indonesia, tetapi juga telah menjadi favorit mancanegara. Rendang adalah daging yang dimasak dengan bumbu berupa aneka rempah dan santan. Rendang cocok disajikan untuk acara hajatan karena sifatnya yang tahan lama. Rendang dikenal dapat bertahan lama dalam suhu ruang sekalipun dan tidak cepat basi.

Daripada beli rendang di restoran Padang, ada baiknya Anda membuatnya sendiri. Membuat rendang tentu tidak bisa sembarangan. Anda harus menguasai bumbu-bumbu dan santan yang terdapat pada rendang. Tanpa santan, rendang bukanlah rendang. Penasaran bagaimana caranya? Berikut adalah tips membuat rendang:

1.    Pastikan Anda menggoreng daging terlebih dahulu sebentar agar teksturnya crispy dan nikmat.
2.    Jika Anda tidak suka digoreng, Anda dapat langsung memasukkan daging rendang mentah kedalam kuali berisi bumbu dan santan nanti. Rendang mentah akan menyerap lebih banyak rasa santan.
3.    Haluskan bumbu-bumbu seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, dan lain-lain hingga halus.
4.    Siapkan santan segar untuk memasak rendang. Jika Anda tidak sempat membuat santan segar, Anda bisa menggunakan santan kemasan dalam bentuk cair dan bubuk. Jika menggunakan santan bubuk, larutkan dengan air hingga cair seperti santan. Jika Anda suka rasa santan yang lebih gurih, gunakan air lebih sedikit saja dari aturan seharusnya ketika melarutkan santan. Makin gurih santan, makin nikmat rendangnya.
5.    Tumis bumbu-bumbu halus terlebih dahulu dengan serai. Lalu, masukkan daging ke dalamnya. Aduk-aduk sebentar, lalu tuangkan santan. Aduk-aduk kuah santan hingga mengental dan masak rendang hingga kuah santannya menyusut dan warna daging rendang menjadi cokelat. Masak rendang selama kurang lebih 4,5 jam.
6.    Jika Anda suka, Anda bisa tambahkan serbuk putih kelapa ke dalam rendang yang sudah matang, lalu masak sebentar lagi.

Rendang yang gurih dan nikmat ini bisa Anda sajikan dengan nasi putih yang hangat. Selamat mencoba. silahkan mencoba memasak Rendang Gurih Sedap Nikmat, trimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar